Home

Anda pengunjung ke

Happy Birthday BPK PT

Happy Birthday BPK PT

Susunan Pengurus BPK Persekutuan Teruna GPIB Anugerah Periode 2010 - 2012

Pemilihan Pengurus BPK Persekutuan Teruna GPIB Anugerah yang dilakukan hari Minggu 7 NOvember 2010 pukul 13.00 mendapatkan hasil sebagai berikut :

KETUA : Kak Reco
SEKRETARIS : Kak Nila
BENDAHARA : Kak Tyas

Untuk sie pendukung yang lain akan dikoordinasikan lebih lanjut.

Selamat bertugas Kakak-kakak pengurus yang sudah terpilih.
Selalu berkarya untuk meningkatkan persekutuan dan untuk kemuliaan TUhan.

Tuhan Yesus memberkati

Selasa, 10 Agustus 2010

IMPT, 8 Agustus 2010. Identitas diri

Pembacaan FT  diambil dari Keluaran 28 : 1-43

Pakaian Imam Besar.


Salah satu kehormatan yang memisahkan imam besar dengan imam yang biasa adalah pemercikan pakaiannya dengan minyak urapan (Kel. 28:41: 29:21). Ketika imam besar itu meninggal dunia, pakaiannya diserahkan kepada penggantinya.

Pakaian imam besar terdiri atas tujuh bagian - baju efod, gamis, tutup dada, kemeja bersulam, serban, ikat pinggang, dan celana (Kel. 28:4, 42).

A. Baju Efod.
Pakaian imam besar dibuat dari kain lenan (I Sam. 2:18; II Sam. 6:14), seperti pakaian untuk semua imam. Tetapi baju efodnya dibuat "dari emas, kain ungu tua dan kain ungu muda, kain kirmizi, dan lenan halus yang dipintal benangnya" (Kel. 28:6). Hal ini menunjukkan bahwa baju efod itu merupakan paduan dari wol dan lenan, karena kain lenan hanya dapat dicelup menjadi ungu. "Buatan seorang ahli" berarti sejenis sulaman.
Ada dua bagian pada baju efod itu: satu bagian yang menutupi punggung dan satu bagian yang menutupi dada si pemakai. Baju efod ini disambung pada tiap bahu dengan sebuah batu krisopras yang besar.
Ikat pinggang baju efod ini dibuat dari kain ungu tua, kain ungu muda, dan kain kirmizi yang berjalin dengan benang emas (Kel. 28:8).

B. Gamis Baju Efod.
Gamis baju efod itu dibuat dari bahan yang lebih rendah mutunya daripada baju efod itu, dan dicelup menjadi ungu tua (Kel. 39:22). Gamis ini dipakai di bawah baju efod dan lebih panjang daripada baju efod itu. Gamis ini tidak berlengan, hanya belahan di sisinya untuk memasukkan lengan.
Pada ujung gamis ini terdapat hiasan buah delima yang dibuat dari kain ungu tua, kain ungu muda, dan kain kirmizi berselang-seling dengan giring-giring emas. Giring-giring ini dipasang pada ujung bawah gamis imam besar itu supaya ia dapat didengar waktu ia datang atau keluar dari tempat kudus (Kel. 28:32-35).

C. Tutup Dada.
Tutup dada imam besar digambarkan secara rinci di Keluaran 28:15-30. Tutup dada ini adalah sepotong bahan bersulam yang sekitar 25,4 cm persegi dan dilipat dua sehingga merupakan kantong.
Pakaian imam ini dihiasi dua belas batu permata: pada masing-masing permata itu terukir nama salah satu dari kedua belas suku Israel (Kel. 28:15-21). (Lihat "Mineral dan Permata.") Kedua sudut atasnya diikatkan pada baju efod, agar tidak dapat bergeser dari baju efod tersebut (Kel. 28:28). Dua sudut bagian bawah diikat pada sabuknya. Gelang-gelang, rantai, dan pengancing lainnya dibuat dari emas atau tali berjalin.
Tutup dada dan baju efod itu disebut "tanda peringatan" (Kel. 28:12, 29), karena mengingatkan imam itu akan hubungannya dengan kedua belas suku Israel. Tutup dada tersebut juga disebut "tutup dada pernyataan keputusan" (Kel. 28:15), mungkin sebab dipakai oleh imam, yang menjadi juru bicara Allah yang memberi tahu keadilan dan hukuman kepada bangsa Yahudi. Mungkin juga disebut demikian karena menjadi wadah untuk urim dan tumim, batu undi yang sakral, yang menyatakan hukuman Allah atas manusia (bdg. Bil. 26:55; Yos. 7:14; 14:2; I Sam. 14:42).

D. Serban.
Serban ini adalah hiasan kepala resmi dari imam besar (Kel. 28:39). Serban ini dibuat dari lenan halus, mempunyai banyak lipatan, dan seluruh panjangnya adalah sekitar 7,3 m.
Kain panjang ini diikatkan mengelilingi kepala. Di depan serban itu terdapat patam dari emas murni dengan kata-kata Ibrani yang berarti "KUDUS BAGI TUHAN" (Kel. 28:36; 39:28, 30).

E. Kemeja Bersulam, Ikat Pinggang, dan Celana.
Kemeja yang khusus ini panjang, dibuat dari lenan halus, dan disulam dengan suatu pola seolah-olah bertatahkan batu-batu indah (Kel. 28:4). Imam-imam yang biasa juga memakai kemeja seperti ini. (Lihat bagian mengenai "Baju atau Jubah.")
Ikat pinggang pakaian imam besar dililitkan beberapa kali keliling tubuh mulai dari dada ke bawah. Ujung-ujung ikat pinggang tergantung sampai ke mata kaki (Kel. 29:9). Di bawah pakaian imam itu, imam besar memakai celana yang sejenis dengan celana imam-imam yang biasa. (Lihat bagian mengenai "Celana.")

Pakaian Imam Besar adalah untuk kemuliaan dan keindahan. Namun pakaian itu sebenarnya menunjukkan kita kemuliaan dan keindahan aspek-aspek banyak Rencana Tuhan. Biarlah setiap kita melakukan pekerjaan Bapa kita (Lukas 2:49) dan berpegang teguh kepada apa yang kita miliki supaya tiada seorangpun mengambil mahkota kita (Wahyu 3:11) atau tempat kita dalam Rencana Tuhan.


Catatan :
Pakaian Imam mempunya pernak pernih khusus  dan harus ada  dan melekat pada  badan imam Besar. menunjukkan suatu identitas diri  Imam.

Sebagai seorang pelajar, Teruna  juga mempunyai tanda  / suatu identitas diri dalam berpakaian, yaitu pakaian seragam. Dibeberapa sekolah ada yang pakaian seragamnya 3 jenis / motif dalam seminggu.
Pakaian tersebut wajib dan harus  digunakan ketika  teruna mengikuti kegiatan be;ajar mengajar di sekolah.
Dengan adanya  Badge yang menunjukan nama sekolah, nama, dll.

Sebagai seorang remaja pengikut Kristus, apa  yang akan Teruna tampilkan sebagai Identitas diri.

Ingatlah  Akan IMAN, KASIH, dan PENGHARAPAN.

http://alkitab.sabda.org/resource.php?topic=1083&res=almanac

Tidak ada komentar: